Langsung ke konten utama

Strategy Perang Sun Tzu

Apakah anda seorang Kepala Toko atau Manager dalam sebuah Dealer? Apakah anda membutuhkan cara bagaimana mengembangkan dealer anda? dan apakah anda memilki strategi untuk hal itu? Apa yang kita inginkan dari sebuah strategi? tentu saja hasil yang maksimal. Dalam hal ini saya akan mengupas sedikit saja garis besar untuk menjadi seorang kreator dari sebuah strategi pengembangan. saya mengatakan pengembangan bukan kemenangan, mengapa saya tidak mengatakan kemenangan secara gamblang? karena kemenangan memiliki banyak pengertian yang sangat luas. tapi, jika anda terlibat dalam sebuah sirkulasi sistem yang menuntut anda untuk memulai sebuah strategi dalam hal pengembangan dan penguasaan jaringan kerja (khusunya dealer sepeda motor) mau tidak mau anda harus bisa menjadi jendral dalam sistem itu sendiri. gunakan strategi sun tzu untuk mengawali konsep anda. oke... sekarang kita bahas secara singkat dan mudah-mudahan jelas.


Begini...,

Strategi Seni Perang Sun Tzu, yang sangat hebat itu! Sun Tzu menegaskan, perang adalah masalah yang sangat fundamental bagi sebuah negara. Perang itu menyangkut hidup atau matinya rakyat. Perang, menunjukkan keperkasaan atau kerapuhan pemimpin negara. Perang, juga menentukan kejayaan atau keruntuhan sebuah negara.

Jadi, sebelum memutuskan perang, kekuatan negara dan situasi medan pertempuran harus dipelajari dengan sangat hati-hati, sangat saksama, akurat, dan menyeluruh.

Begitu pentingnya sebuah perencanaan, sehingga Sun Tzu meletakkan penyusunan rencana dalam bab pertama karyanya itu. Judul aslinya adalah she chi bien, yang dapat diartikan Bab Menyusun Rencana. Sun Tzu mengatakan, setidaknya ada 5 faktor yang harus dikuasai sebagai dasar dalam menyusun rencana perang. Yaitu; Tao, Thien, Tie, Ciang, dan Fak. Apa maksudnya?


1. Tao, faktor moral. Jika pemimpin negara mendapat dukungan moral dari rakyat, maka rakyatnya pasti siap bertempur dan akan rela berkorban. Dalam hal ini anda harus bisa menjadi seorang manager yang mampu dicintai, disegani dan mampu menguasai beberapa karakter supervisor-supervisor dan marketing anda menjadi satu kekuatan yang memiliki satu suara yaitu mendukung misi anda dan mengakuai bahwa dibawah kepemimpinan anda, mereka bisa mengemban tugas mereka.

2. Thien, faktor langit. Menyangkut cuaca, musim, gelap-terang, peluang, dan timing. dengan kata lain, anda harus dapat memilih waktu yang tepat dengan perhitungan yang matang dalam menentukan pembangunan awal semua kreativitas dan rencana-renacana aktivitas anda. misalnya untuk memulai pembangunan pos-pos khusus yang harus anda jadikan posko serangan diwilayah-wilayah calon jajahan anda. sorry sedikit exstrim dengan kata jajahan. dalam hal ini posko itu bisa berarti cabang, satelit, orbit atau apapun namanya.

3. Tie, faktor geografi, jarak, dan terjalnya medan pertempuran. - anda harus mampu mengkalkulasi kemungkinan2 faktor yang dapat menjadi penghambat aktivitas serangan anda. yang lebih condong ke strategis tidaknya wilayah yang akan anda kuasai, sisi deman itu sendiri, juga sisi efek radius terjauh dan terluas yang mampu anda jangkau dalam serangan aktivitas anda. jangan sampai altivitas anda percuma karena terkuras keletihan oleh jarak dan radius wilayah.

4. Ciang, faktor kepemimpinan. Menyangkut wibawa dan kharisma seorang pemimpin yang bijak dan tegas. - anda harus dapat menjadi figur leader yang memiliki visi, kemampuan beradaptasi kepada bawahan, dan kematangan dalam penguasaan mentalitas anak buah. serta menentukan tokoh-tokoh sentral yang bisa anda didik untuk menjadi kepala-kepala pasukan marketing anda dan sekaligus menanamkan doktrin yang positif sehingga mereka mampu menghormati anda secara karakter dan kemampuan kepemimpinan anda. mampu menekan konflik, mempersempit pertikaian, serta mampu menumbuhkan eurofia persaingan yan sehat.

5. Fak, faktor hukum, kedisiplinan, serta struktur organisasi yang rapi dan solid. -anda harus mampu menjadi pemimpin yang pertama kali memulai kedisiplinan, sehingga kedisiplinan anda dapat menjadi contoh nyata sehari-hari. anda juga harus mampu mengkoordinasikan organisasi anda dengan jelas dalam hal tugas, tanggung jawab dan peranan (job description) secara terpadu dan solid. agar dalam pelaksanaan aktivitas strategi anda masing-masing individu dapat secara otomatis memahami apa yang seharusnya mereka lakukan dalam sistim struktur kerja yang anda rancang. pastikan bahwa setiap individu memegang tanggung jawab yang sesuai dan tidak tumpang tindih. hal ini untuk menjaga hambatan secara intern dan memperlancar kinerja sistim itu sendiri.

Nah Jika 5 faktor ini dikuasai, ditambah pertimbangan faktor pendukung lainnya, maka, pemimpin negara akan mampu menyusun rencana perang dan strategi yang sangat efektif dan effisien. Sun Tzu menegaskan: Barang siapa mampu menyusun rencana dengan sangat seksama, akurat, dan detail, dia akan menguasai dan kemudian memenangkan peperangan! Sebaliknya, barang siapa gegabah dan tidak fokus dalam perencanaan, mustahil dia mengusai apalagi menang perang.

Jadi, dari cara menyusun rencana saja, kita sudah dapat meramalkan, kita akan meraih kemenangan, atau akan dikalahkan lawan! Pada 2400 tahun yang lalu, Sun Tzu sudah punya pola pikir dan daya analisis yang sangat strategis. Luar biasa!

Apakah konsep SunTzu ini bisa diaplikasikan di bisnis modern? Tegas jawabannya: Bisa! Ada ungkapan yang berbunyi Che Chi Chie Bie, Pai Chan Pai Sen. Artinya, kita harus mengetahui kekuatan maupun kelemahan diri sendiri. Sekaligus, kita harus mengetahui kekuatan dan kelemahan lawan. Hasilnya, 100 kali berperang, 100 kali menang! Spektakuler!

Sun Tzu mengingatkan, kemenangan bisa direngkuh melalui penyusunan rencana strategi yang matang. Jangan sekali-kali bertindak gegabah atau sembrono pada tahap yang paling mendasar ini. Adakan penyelidikan, pengumpulan data atau informasi yang lengkap, akurat, detail, menyeluruh, serta tinggi tingkat presisinya.

Kemudian, analisis dengan tajam berbagai faktor di lapangan. Hasilnya, startegi perang yang tidak saja efektif, tetapi juga lebih berdaya guna. Powerful! Di dunia marketing, seni perang Sun Tzu menjiwai konsep modern analisis SWOT. Anda pasti sangat mengenal konsep yang menekankan pentingnya analisis Strength atau Kekuatan, Weakness atau Kelemahan, Opportunity atau Kesempatan, dan Threath atau Ancaman. Berpuluh-puluh tahun lamanya, analsis SWOT ini telah dibuktikan keandalannya oleh para marketer.

Contoh: kita ingin meluncurkan produk baru. Jaringan baru, dan penguasaan perluasan wilayah. Sebelumnya harus ada analisis potensi pasar maupun kekuatan para pesaing. Baik yang sudah mapan maupun yang baru akan terjun di kancah persaingan. Analisis mulai dari produsen, kualitas, harga, citra merk, segmentasi, SDM, dan variabel-variabel lainnya. Tujuannya supaya strategi fokus, akurat, tepat waktu, dan efektif merebut peluang dan meraih sukses optimal. Spread, speed, focus and Grow.

Sebaliknya, jika sembrono, data tidak lengkap, informasi tidak akurat, maka analisis akan rendah presisinya. Strategi marketing tidak fokus. Akibatnya, eksekusi strategi tidak maksimal. Membuang banyak energi. Membentur tembok-tembok penghalang. Akhirnya, strategi gagal total. Situasi ini persis seperti ditegaskan dalam konsep lanjutan Sun Tzu: Puk Che Chi Pu Che Bie Pai Chan Pik Pai. Artinya, tidak mengenal kekuatan dan kelemahan diri sendiri. Tidak mengenal kekuatan dan kelemahan musuh. Maka, 100 kali bertempur 100 kali akan kalah!

Baik di Indonesia maupun mancanegara, tak satu pun produk sukses diluncurkan tanpa perencanaan dan strategi marketing yang matang. begitupun dalam bisnis dealer sepeda motor. Jadi supaya menang kompetisi dan survive, gunakan kekuatan strategi perang Sun Tzu.

Oke para manager dan kepala-kepala toko, saya harap kupasan singkat ini bisa menjadi tolak ukur dan barometer awal dari perencanan pembuatan konsep serta strategi anda semua.

dan ingat, saya tidak akan mengatakan semua ini jika semua ini belum pernah teruji.karena apa yang saya katakan dalam pembahasan ini, merupakan pengalaman yang saya bangun dalam sebuah sistematika strategi penjualan dealer tempat saya bekerja.

Silahkan berkonsep....dan jangan lupakan TUHAN dalam setiap gerakan anda. Godbless u


BY : Dacosta MM for eveeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeer

Komentar

Unknown mengatakan…
saya tahu anda. lebih baik anda bergabung di dealer saya. saya akan jamin fasilitas anda. saya tahu loyalitas anda. tapi saya pastikan pemenuhan semua kebutuhan anda jika bergabung dengan saya. ini hanya sekedar permintaan dari seorang86 rekan pak.
saya tahu sosok anda pak deni.
saya berharap anda pikirkan tawaran saya.
saya pasti temukan anda.

Postingan populer dari blog ini

4 hal yang membawa kemajuan

Rekan Yamaha sekalian, Setiap orang ingin sukses dalam setiap aspek kehidupannya, baik di bidang pendidikan, kehidupan sosial, dan pekerjaan kita. Contoh dalam bidang pendidikan, murid-murid ingin mendapatkan nilai yang baik atau memiliki prestasi baik di bidang akademik maupun non akademik. Di bidang sosial kita ingin menjadi pemimpin masyarakat yang dikenal dan disegani. Kemudian di pekerjaan kita ingin mengembangkan kemampuan kita sehingga menempati posisi teratas di kantor kita. Dalam mencapai tujuan hidup sering kali kita mengalami kemajuan dan kemunduran. Nah para rekan Yamaha sekalian adakalanya Kemunduran bagi kebanyakan orang menyebabkan hilangnya semangat dan fokus hidup kita. Sedangkan kemajuan seringkali memacu semangat kita untuk lebih giat mencapai tujuan hidup kita. Dari sekian banyak hal yang perlu kita perhatikan, ada 4 hal yang sedikitnya menjasi acuan Power dan akan membawa kemajuan dalam hidup Anda, yaitu: Tempat tinggal jika rekan Yamaha ingin maju maka kita haru...

jaga pameran itu seru